Kamis, 26 September 2013

perkembangan teknologi informasi

 pake_komputer_400
Dewasa ini Teknologi Informasi berkembang sangat pesat di kalangan masyarakat salah satunya yaitu masyarakat Indonesia. Sebelum membahas lebih lanjut tentang perkembangan Teknologi Informasi alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apasih pengertian Teknologi Informasi itu. Karena tidak sedikit masyarakat yang tidak mengerti apa itu pengertian dari Teknologi Informasi
Banyak sekali pengertian tentang teknologi informasi. Berikut beberapa pengertiannya, antara lain :
-Menurut Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik, IT adalah suatu teknik untuk mengumpulkan, menyiapkan, menyimpan, memproses, mengumumkan, menganalisis, dan atau menyebarkan informasi.

-Menurut The Advisory Council for Aplied Research and Development, IT adalah suatu disiplin ilmu sains, teknologi, dan perekayasaan (engineering) serta teknik-teknik manajemen yang di gunakan dalam menangani dan memproses informasi, aplikasi komputer dan interaksinya dengan manusia, serta asosiasinya dengan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya.
-Menurut Saurip Kadi dan Siok Lian Liem 2008, IT merupakan alat bagi kesetaraan akses informasi (dan kemudian akses kekuasaan) bagi manusia di belahan bumi manapun.
Dan masih banyak lagi pengertian yang di kemukakan oleh para ahli, dengan adanya beberapa pengertian di atas muncullah pengertian teknologi informasi secara umum yaitu suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, dengan memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. informasi yang dimaksudkan adalah informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu, yang dapat digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan. Informasi ini juga harus bernilai strategis sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.
Setelah kita mengetahui pengertian dari Teknologi Informasi, kini saatnya kita mengetahui bagaimana perkembangan Teknologi Informasi khususnya di Indonesia.
1. Teknologi Informasi generasi awal.
Sistem Teknologi Informasi di Indonesia mulai mengalami perkembangan pada tahun 1855, atau tepatnya pada tanggal 23 Oktober 1855 ketika pemerintah Hindia Belanda membuka saluran telegraf pertama di Indonesia.
2. Teknologi Infomasi masa kini
Saat ini Teknologi Informasi berkembang sangat pesat. Sehingga memudahkan masyarakat di belahan dunia untuk mendapatkan informasi dengan sangat mudah dan cepat. Tidak hanya memudahkan dalam mendapatkan informasi namun dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi ini masyarakat di tuntut untuk selalu mencari dan mencari informasi terkini agar tidak ketinggalan update informasi.
3. Teknologi Informasi masa depan
Banyak bermunculan prediksi-prediksi tentang perkembangan Teknologi Informasi di masa depan mengingat perkembangan Teknologi Informasi saat ini berkembang pesat. Salah satunya yaitu tentang pendidikan, di prediksikan sistemn pendidikan di masa depan sudah tidak lagi menggunakan sistem belajar manual, namun sudah dapat di pastikan sistem pendidikan di masa yang akan datang akan berbasis digital. Dimana setiap pembelajaran di lakukan secara online, selain memudahkan dalam proses pembelajaran sistem pendidikan online juga akan menuntut setiap pelajar untuk menjadi aktif dan kreatif.
Adapun contoh dari perkembangan Teknologi Informasi yaitu :
a. Perkembangan televisi
Televisi merupakan salah satu contoh dari adanya perkembangan Teknologi Informasi. Dengan adanya televisi kita di mudahkan dalam mendapatkan suatu informasi berupa audio visual. Dimana kita di sungguhkan berbagai macam tayangan-tayangan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Televisi juga melalui berbagai evolusi entah dalam bentuk maupun sistem yang pakai. Televisi pertama kali di temukan oleh seorang ilmuwan bernama George Carey pada tahun 1876 yang iseng menciptakan sebuah selenium camera yang di gambarkan dapat membuat seseorang melihat gelombang listrik.
Televisi pertama kali berbentuk tabung persegi. Namun dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi di kalangan masyarakat membuat banyak generasi-generasi baru yang dapat mengubah evolusi pertelevisian sehingga menciptakan suatu karya yang menakjubkan yaitu munculnya berbagai bentuk televisi-televisi baru. Bahkan saat ini televisi sudah berbentuk layar LCD tipis yang di lengkapi berbagai macam fasilitas yang sangat canggih, bahkan model terbaru televisi saat ini menggunakan layar sentuh dan perintah suara.
b. Perkembangan Komputer
Komputer pertama kali di buat oleh Charles Babbage pada tahun 1822, pada saat itu komputer masih di buat sebagai alat hitung perhitungan yang rumit. Namun pada tahun 1946 komputer dalam skala besar dan memiliki kemampuan yang lebih canggih di ciptakan oleh dua orang ahli bernama Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, Jr. Dengan adanya penciptaan tersebuat dua orang ilmuwan itu di juluki sebagai Penemu Komputer.
Dalam segi bentuk komputer sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bentuk televisi hanya saja sistem program yang digunakan berbeda. Komputer memiliki berbagai macam sistem seperti windows, linux, dll. Komputer yang berbentuk tipis dan dapat dengan mudah di bawa kemana-mana sering disebut dengan laptop. Dan tidak sedikit masyarakat sekarang khususnya Indonesia yang tidak mempunyai laptop.
c. Perkembangan telepon genggam (handphone)
Telepon genggam atau handphone saat ini tidak asing lagi di telinga masyarakat. Bahkan mulai dari anak kecil hingga lansia tidak sedikit yang tidak mengenal apa itu handphone atau telepon genggam. Telepon genggam atau handphone merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Di indonesia terdapat dua sistem jaringan nirkabel yaitu CDMA dan GSM.
Perkembangan telepon genggam di Indonesia berjalan sangat pesat. Pada masa lampau sangat sedikit masyarakat yang mempunyai telephone genggam mungkin hanya masyarakat golongan atas atau masyarakat berpenghasilan tinggilah yang mempunyai telephone genggam namun jangan heran saat ini masyarakat kecilpun sudah tidak sedikit yang memegang bahkan memilikinya.
Menurut beberapa sumber telepon genggam di temukan pertama kali pada tanggal 03 April 1973 oleh Martin Cooper dengan berat hampir 2 kilogram dengan biaya pembuatan yang relatif mahal. Namun dengan berjalannya waktu bentuk telepon genggam semakin ringan dan harganyapun semakin terjangkau. Tak hayal banyak masyarakat menengah ke bawah memiliki barang imut namun bermanfaat ini.
Bahkan sekarang banyak sekali perusahaan-perusahaan telepon genggam yang berlomba-lomba untuk menciptakan variasi terbaru entah itu dalam bentuk fisik telepon genggam maupun perangkat yang di pakai.
d. Perkembangan Internet
Internet merupakan proyek jaringan komputer yang di bentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of defense) pada tahun 1969 yang di kenal dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Pertama kali ARPANET di gunakan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat namun dengan berjalannya waktu internet di gunakan oleh kalangan akademis UCLA (University of California, Los Angeles) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Dan pada tahun 1990 pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin ke arah komersial.
Untuk saat ini perkembangan Internet tidak di ragukan lagi bahkan ada pendapatan yang mengatakan bahwa internet sudah menjadi makanan pokok bagi beberapa masyarakat di dunia. Jaringan Internetpun saat ini sudah sampai ke pelosok-pelosok pedesaan sehingga masyarakat pedesaanpun sudah tidak mendapatkan julukan “kampungan” lagi.
Dari penjelasan beberapa contoh perkembangan Teknologi di atas muncul beberapa dampak yang mempengaruhi masyarakat. Selain dampak positif ada juga dampak negatif yang di dapat dari adanya perkembangan Teknologi Informasi tersebut.
-Dampak positif adanya perkembangan Teknologi Informasi yaitu :
· Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.
· Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi.
· Mempermudah transaksi perusahaan atau perseorangan untuk kepentingan bisnis.
· Mempermudah penyelesaian tugas-tugas atau pekerjaan.
· Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.
· Banyaknya penggunaan teknologi informasi membuka lowongan kerja IT atau jenis lowongan pekerjaan baru lainnya.
-Dampak negatif adanya perkembangan Teknologi Informasi yaitu :
· Isu SARA, kekerasan dan pornografi menjadi hal yang biasa.
· Kemudahan transaksi memicu munculnya bisnis-bisnis terlarang seperti narkoba dan produk black market atau ilegal.
· Para penipu dan penjahat bermunculan terutama dalam kasus transaksi online.
· Munculnya budaya plagiatisme atau penjiplakan hasil karya orang lain.
Sumber : http://forum.kompas.com, http://rythasartika.blogspot.com, http://dobloger.blogspot.com, http://best1alone.blogspot.com, http://teknologi-mu.blogspot.com, buku panduan pelatihan aplikasi teknologi informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar